Perkembangan nilai agama-moral tidak tercapai pada anak usia dasar: Studi kasus di Kelas VB SD Muhammadiyah Karang Bendo Yogyakarta

  • Suyadi Suyadi UIN Sunan Kalijaga
  • Afifah Zulfa Destiyanti UIN Sunan Kalijaga
  • Nurul Ana Sulaikha UIN Sunan Kalijaga

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai perkembangan nilai agama-moral pada anak usia dasar di SD Muhammadiyah Karang Bendo Yogyakarta. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah waka kesiswaan, wali kelas, serta peserta didik yang dipilih secara bertujuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan nilai agama-moral pada anak usia dasar di kelas VB SD Muhammadiyah Karang Bendo Yogyakarta dapat disimpulkan dan dikatakan sebagai nilai agama-moral yang tidak tercapai karena adanya perilaku anak yang tidak mulia, rendahnya kualitas akhlak, serta kurangnya kepedulian terhadap lingkungan sekolah. Penelitian ini juga menunjukkan adanya faktor-faktor internal dan eksternal yang menjadi adanya ketidaktercapaian nilai agama-moral pada anak usia dasar.


Kata Kunci: Nilai Agama-Moral, Anak Usia Dasar, Akhlak


 

Published
Jun 30, 2019
How to Cite
SUYADI, Suyadi; DESTIYANTI, Afifah Zulfa; SULAIKHA, Nurul Ana. Perkembangan nilai agama-moral tidak tercapai pada anak usia dasar: Studi kasus di Kelas VB SD Muhammadiyah Karang Bendo Yogyakarta. Jurnal Psikologi Islam, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 1-12, june 2019. ISSN 2549-9297. Available at: <http://jpi.api-himpsi.org/index.php/jpi/article/view/69>. Date accessed: 21 oct. 2019.
Section
Empirical Research